Sabtu, 02 Januari 2010

Kunci dan Sembunyikan Rumus Excel

Bagaimana menyembunyikan Rumus Excel..?

Kompas.com - Selagi bekerja dengan rumus di Excel, mungkin Anda merasa perlu untuk menyimpan dan memproteksinya supaya tidak terjadi perubahan ketika Anda ingin menggunakannya kembali. Bagaimana caranya?

Sebenarnya mudah saja, bahkan Anda dapat menyembunyikannya sekalian. Begini caranya.
• Mula-mula, blok dulu sel yang rumusnya ingin Anda sembunyikan.
• Pilih “Format > Cell”, dilanjutkan dengan mengklik tab “Protection”. Aktifkan “Locked” untuk menguncinya dan “Hidden” untuk menyembunyikannya, lalu klik “OK”.
• Pastikan sel lain tidak ikut terkunci agar sewaktu-waktu Anda dapat mengubah data yang ada (Locked tidak aktif, karena default-nya Locked aktif) yaitu dengan memblok semua sel yang tidak akan dikunci. Ingat, jangan aktifkan Locked dan Hidden.
• Pilih “Tools > Protection > Protect Sheet…”. Akan muncul kotak dialog “Protect Sheet”. Aktifkan “Contents”, kemudian ketik password yang akan digunakan, diakhiri dengan “OK”. Akan muncul kotak dialog “Confirm Password” untuk memastikan. Ketik kembali password yang sama, lalu tekan “OK”. Simsalabim! Rumus akan menghilang dengan tiba-tiba.
• Untuk memunculkannya kembali, pilih “Tools > Protection > Unprotect Sheet…”. Masukkan password, lalu klik “OK”. Tada! Rumus akan muncul kembali.

Sumber: PCplus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua artikel yang berada diblog ini merupakan dari beberapa sumber yang kami salin dari blog/web lain. Dibawah artikel yang kami terbitkan telah dicantumkan sumber/url artikel yang kami salin. Jika ada seseorang yang tidak mengizinkan artikelnya kami salin silahkan kirim email pemberitahuan dan artikelnya akan dihapus setelah diklaim verivikasi.